Mengenal Sistem Operasi DOS (Disk Operating Sistem)

DOS adalah suatu sistem operasi yang memiliki kepanjangan Disk Operating System. Sistem operasi ini merupakan sistem yang pertama kali ada di dunia. Sistem operasi ini menggunakan interface command-line pada sistemnya dan banyak di gunakan oleh pengguna di tahun 1980-an.

Seperti yang diketahui bersama sistem operasi Dos juga merupakan sebuah sistem operasi yang dibuat oleh microsoft dan memiliki perkembangan yang cukup cepat dalam sejarahnya. Di bawah ini merupakan beberapa fakta dan alasan mengapa DOS adalah sistem operasi yang pertama kali ada di dunia:

1. DOS Muncul Sebelum GUI

DOS atau disk operating system merupakan suatu sistem operasi yang memiliki basis interface command –line. Seperti yang diketahui basis teknologi seperti ini digunakan di tahun 1980-an dan muncul sebelum adanya sistem operasi dengan gaya terbaru yaitu GUI. Berbeda dengan DOS, Gui sendiri merupakan sistem operasi yang juga buatan dari microsoft yang memiliki basis antarmuka grafis.

Fakta ini menegaskan kembali jika DOS memang merupakan sistem operasi komputer pertama di dunia dan jauh dengan GUI.

2. Pembagian Versi DOS Dalam Sejarahnya

Dalam sejarah perkembangan sistem operasi ini dibagi menjadi beberapa versi yang mencerminkan kelas dan tahun peluncurannya. MS-DOS merupakan sistem paling awal yang digunakan di dalam DOS. MS-DOS disebut juga versi sistem operasi dos yang pertama versi inilah yang pertama kali muncul pada awal lahirnya sistem operasi ini.

Selanjutnya adalah IBM PC-Dos. IBM PC-DOS memiliki kepanjangan (international business machine personal computer disk operating system). Sebenarnya dalam sejarah perkembangan nya versi kedua dari dos ini juga merupakan sistem operasi yang dibuat juga oleh perusahaan besar microsoft. Namun dalam kenyataannya sistem operasi versi kedua ini juga memiliki beberapa perubahan yang dapat digunakan pada komputer IBM-PC

Posisi ketiga terdapat DR-DOS yatu digital research disk operating system dengan para pembuatnya yang juga merupakan seorang ahli komputer. Ini menjadi versi ketiga dalam perkembangan DOS yang menjadi dasar pada sistem operasi komputer dunia hingga saat ini. Adanya DR-DOS kemudian dilanjutkan dengan Novel Personal Netware. Versi ini merupakan versi yanglang snug dijual pada perusahaan novel.

Pada versi selanjutnya, ada Caldera dos yang merupakan versi kelanjutan dari novel personal netware yang bedanya sistem operasi versi ini diperjualkan pada caldera corporation. Dan yang terakhir adalah FreeDos. Versi dari DOS ini dikembanganan komunitasi open source yang dalam proses pengembanganya dilakukan dengan menggunakan sisa dari oemngebangan versi sebelumnya yaitu caldera dos.

3. Fungsi DOS (Disk Operating System) Sebagai Pondasi Pertama Sistem OS Komputer

Sebagai sebuah sistem operasi pertama di dunia, komputer pada masa lalu memiliki ketergantungan yang sangat besar pada DOS. Fungsi dari DOS sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Dos sebagai alat untuk pengendali segala kegiatan yang akan dijalankan oleh komputer
  2. Dalam kegunaanya dos juga berfungsi untuk melakukan dan mengatur segala kegiatan terutama proses output dan input data
  3. Jarang diketahui padahal yang berfungsi untuk memberikan ruang dan mengatur ruang memori pada komputer adalah dos
  4. Proses yang dapat dilakukan oleh dos juga cukup banyak contohnya dapat digunakan untuk kegiatan management file beserta directory

4. DOS Berisi Perintah Pertama yang Digunakan Dalam Sistem Komputer

Sebagai sistem operasi dos juga memiliki sistem perintah sebagai perintah tugasnya pada sebuah komputer. Ini juga menjadi dasar adanya berbagai perintah dalam sistem komputer atau laptop yang kita gunakan saat ini.

  • Internal command atau perintah internal

Perintah ini merupakan segala hal yang telah dimasukkan pada COMMAND.COM dan menjadi sebuah perintah yang dapat langsung digunakan atau siap pakai

  • External command atau perintah eksternal

Perintah yang berikiutnya merupakan perintah yang belum ada dalam command.com dan dalam eksekusinya harus memiliki beras program dos yang mesti ada pada direktori aktif komputer

5. Sistem Operasi DOS Pertama yang Digunakan di Lapangan Secara Umum

Sebagai sebuah sistem operasi paling awal yang digunakan, dalam tahapan pemasaran DOS, juga terdapat beberapa sistem operasi dos yang dapat dijumpai di pasaran yaitu

  1. MS DOS
  2. APPLE DOS
  3. PC  atau pun personal computer dos
  4. Macintosh dos
  5. Linux dan masih banyak yang lainnya

6. Serangan DOS

DOS adalah
Serangan DOS

Seperti yang diketahui sebagai sistem operasi dos juga memiliki beberapa jenis penyerangan yang biasanya sering digunakan

  • Ping of Death

Tidak seseram namanya, jenis serangan yang pertama dari DOS ini merupakan jenis serangan sederhana yang biasanya ada di DOS.  Serangan ini digunakan dengan utility ping dan berfungsi untuk mengecek tempat beradanya host ataupun alamat ip pada website yang sedang dikunjungi.

  • Syn flooding

Pada saat terjadi handshake biasanya jenis serangan yang sering digunakan untuk melakukan serangan karena adanya kelemahan pada protokolnya.

  • Remote Controlled Attack

Tipe serangan berikutnya yang ada pada dos adalah remote controlled attack. Jenis penyerangan ini berupa pengendalian yang dapat dilakukan pada beberapa network yang dikendalikan untuk menyerang target serang.

Pada pelaksanaannya dengan menggunakan remote controlled attack akan memberikan efek yang jauh lebih besar daripada jenis tipe penyerangan sebelumnya. Hal ini dikarenakan server yang ada dan untuk menyerang target adalah bandwith dengan skala yang besar.

  • UDP Flood

Pelaksanaannya jenis serangan ini menggunakan protokol udp dan sangat mudah untuk digunakan. jenis tipe serang ini memiliki sifat connectionless dengan taktik serangan berupa mengirimkan paket data dalam jumlah yang besar dan membuat target tidak siap dan kebingungan

  • Smurf attack

Jenis penyerangan ini menggunakan icmp echo request yang biasanya digunakan untuk broadcast identitas pada sesama network pada broadcast addres Dalam pelaksanaanya komputer akan saling berkomunikasi dalam lingkungan yang mewajibkan semua addres dalam network tersebut menjawab requestnya.

Sumber:

Google Searching

Komentar

Posting Komentar